BTL, Handal tapi.....

Anda yang gemar perangkat Sound system tentunya sudah sering mendengar istilah BTL. Beberapa merk Power Amplifier memang menyediakan menu ini sebagai alternative pilihan dalam menyeting Sound System agar sesuai dengan selera kita. Sebenarnya penulis sendiripun kurang paham dengan definisi sesungguhnya dari BTL (Bridge Transformer Less) ini. Tapi pada intinya, rangkaian BTL ini menggunakan 2 buah Op amp sebagai penguat sekaligus pemisah fase sinyal input. Bingung yach..., sama kalo gitu. hehe.... liat gambar aja deh
Nah, jadi satu sinyal input dipisah menjadi 2. Yang 1 sama seperti sinyal aslinya, yang kedua berbalik fase dengan aslinya. Otomatis kita membutuhkan satu Power stereo untuk 1 Chanel speaker dan 2 power stereo untuk 2 chanel speaker. Boros sih, tapi dijamin deh, suara yang dihasilkan bener2 maksimal (tergantung kemampuan powernya). Yang musti diperhatikan adalah speaker nya tidak menggunakan ground. tapi langsung output power L dan R. karena power L akan dipakai sinyal positifnya saja dan power R akan dipakai sinyal negaitvenya saja. Hal inilah yang membuat daya outputnya menjadi sangat besar. Mungkin anda bertanya "apa tegangannya tidak bertubrukan?" Nah...itulah fungsi 2 Op Amp tadi. Karena Fase sinyal input power L dan R sudah saling berbalik maka tidak akan terjadi tubrukan pada outputnya. Tapi hati2 ya, pastikan speaker anda mempunyai daya yang cukup, karena kalo tidak bisa2 jebol *penulis pernah mengalaminya sendiri*. Dan satu tambahan lagi, jangan mem-pararel output powernya. Karena dengan sistem ini Power anda sangat dimaksimalkan kerjanya. So, baik atau buruknya sistem BTL ini silakan anda sendiri yang menentukan.
R1, R2,R3, R4, R6 = 10kOhm
R3 = 20kOhm
C1, C2, C3, C4 = 10µF
V+ = 12V Dc( Catu daya simetris)

*untuk keterangan tentang Op Amp silakan baca disini*

 
Cebong`s Notez
SMK GAMALIEL 1 MADIUN © 2009. Web Design by : andreas